Iwak Karing Batanak

Ini resep simple sekali, tapi rasanya luar biasa. Orang banjarmasin pasti tau. Kalo pas lagi baca resep ini, lalu menemukan kata-kata yang nyerempet-nyerempet bahasa daerah, harap maklum.

 


Bahan dan eksekusi :
  • Ikan telang kering cuci bersih lalu rendam biar gak keasinan (mahal nih, telang apa sih bahasa Indonesianya?) Sisihkan.
  • Santan perah, encer dan kental dipisah.
  • Bawang merah, Bawang putih, cabe besar, diiris-iris.
  • Tomat, potong-potong.
  • Air asam jawa/asam kamal
  • Kunyit, digeprek aja.
  • Serai, geprek juga.
  • Option : Rebus dulu Kacang panjang, buncis, terong. Ini sayuran option aja, suka-suka deh, kalo saya waktu bikin ini dimasukin keladi/talas. Sisihkan.
  • Garam dan penyedap rasa.

Oke, lets cooking!.
Gunakan panci kecil/sedang.
Rebus santan encer, ikan kering, irisan bawang, kunyit, serai.
Masukkan bahan Option jika sudah mendidih dan hampir matang, serta irisan cabe.
Masukkan air asam jawa.
Icip-icip, karena kemungkinan sudah ada sedikit rasa asin.
Masukkan garam dan penyedap.

Terakhir.....
masukkan santan kental dan irisan tomat.
Icip lagi, didihkan sebentar.
Selesai deh.


 
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Kliping Resep Mama

Assalamualaikum....
Hai, Hallo...
Ceritanya mau bikin label Resep diblog ini.
Resep-resep receh yang biasa dimasak mama dirumah, khas orang banjar (kalimantan selatan) tentunya. Dirumahku ini, cuma para orang tua aja yang suka makan masakan tradisional/daerah, kalo adik-adik aku yaa kayak anak-anak kebanyakan jaman sekarang, kalo gak ayam, telur pasti mie instan. Susah banget kalo disuruh makan ikan, apa lagi si bungsu.

Yaa kadang-kadang bosen juga sama jajanan masa kini, cafe, resto, yaa gak sering juga sih makan diluar, tapi sering beli dibungkus makannya dirumah.



Okek deh, post selanjutnya nanti, kalo ada resep, aku post deh.
Bukannya apa-apa, biar gak hilang aja kalo disave d henpon.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS