MENGHINDARI VIRUS TANPA ANTIVIRUS

Kali ini panjang ceritanya gan, udah dapet ijin share dari sodara Andie yang punya group Dokter Komputer di facebook ane.


Menghindari virus tanpa antivirus???
Kenapa tanpa anti virus?
Fungsi antivirus memang untuk menghapus virus, tetapi apabila tidak digunkan dengan baik malah bisa menambah virus, menghapus system, bahkan menjadikan komputer kita sangat lambat, apalagi kalau kita menggunkan antivirus lebih dari satu. Menggunakan antivirus yang baik adalah selalu mengupdate antivirus kita secara berkala bukan MENAMBAH/MENCAMPURNYA dengan antivirus lain.

Kenapa Antivirus harus di Update secara berkala?
Jawabannya sangat mudah, Karena Virus juga selalu mengupdate databasenya secara berkala. Jadi apabila antivirus tidak kita update, maka virus varian baru tidak akan terbaca oleh antivirus yang akan menyebabkan komputer kita terinveksi.

Syarat-syarat :
------------------------------------------------------
KOMPUTER HARUS BEBAS DARI VIRUS
Apabila komputer anda sudah terkena virus, harap di instal ulang Windowsnya. Kenapa harus di instal ulang? Kenapa tidak di scan dengan antivirus saja? Karena scan virus dengan antivirus menyebabkan file system yg terkena virus akan ikut terhapus.

MATIKAN FUNGSI AUTORUN OTOMATIS
Kenapa fungsi Autorun harus di matikan?
Agar Flashdisk yng masuk tidak langsung jalan, kalau langsung jalan otomatis virusnya juga langsung akan jalan.

Caranya :
Start – Run – Ketikkan “gpedit.msc” – OK
Computer Configuration – Administrative Templates – System – buka Turn Off Autoplay
Pilih Enable – Turn Off Autoplay On : All Drivers – OK

BUKALAH SEMUA FILE YG TERHIDEN
Biasanya virus menghiden /menyembunyikan data asli kita sedangkan yang ditampilkannya adalah folder virus yng berbentuk Shutcut. Gambarnya memang folder tetapi memakai panah kecil dibagian bawahnya. Lihat gambar. Agar kita tidak salah hapus maka kita harus membuka fungsi hidden file, caranya :

Buka My Komputer – Pilih Tool – Folder Options
Pilih View – Conteng Show Hidden Files and Folders – Hapus Conteng Hide Protected Operating System Files (Recommended)
Pilih Apply lalu OK

JANGAN DOBBLE KLIK DI DIRECTORY ATAU FOLDER DI BAGIAN KANAN EXPLORER
Setiap kita membuka Flashdisk jangan klik dua kali di area kanan Explorer/My Computer, karena cara itu otomatis menjalankan virus yng ada di Flashdisk. Untuk membuka directory atau folder kita harus Single klik di Area Kiri Explorer (Lihat Gambar).

Bagaimana agar ada area kiri?
Buka My Computer lalu klik Folder pada bagian Atas (lihat Gambar) atau tekan dan tahan lambang “Windows” pada Keyboard lalu tekan huruf “E”.
Untuk membuka file, baru pada bagian kanan.

MENGHAPUS FILE VIRUS
Hapus semua file Shurtcut dan Folder Recycler, lebih amannya lagi hapus folder atau file yang bukan punya kita.

MENGEMBALIKAN FOLDER YANG TERHIDDEN
Klik Start – Run – Ketik “cmd”
Langsung kita ketik i: (Pada gambar i, karena Directory Flashdisk kita adalah Huruf i) directory huruf bisa berubah2 tergantung komputer masing-masing.
Ketik lagi : I:\>attrib –r –s –h /s /d tekan Enter
Tunggu sampai proses selesai, kemudian close (X).

Untuk folder 2128, 42466525, dan Autorun.inf tidak bisa dihapus, karena merupakan file bekas Antivirus Smadav, itulah kenapa saya tidak pernah menggunakan Smadav, bagi saya Smadav adalah antivirus yang memasukkan virus keflashdisk saya. Mohon maaf Smadav,,,!!! You not my Antivirus Recommended…!!! (B.Ing nya baku, ha….ha…ha…).

Menyebarkan artikel boleh, asal mencantumkan penulisnya dan link si penulis, dan jangan digunakan untuk keperluan KOMERSIL.

Sekian dari saya semoga bermanfaat. ^^


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: