Penanganan Virus Shortcut / Ramnit

Belajar dari forum diskusi di kampus, ada banyak cara menangani Virus Shortcut. Penanganan'y adalah Booting laptop'y dengan OS Linux trz jalankan demo alias jangan di install ini guna'y biar kita bs delete folder recycle yang ada pada semua partisi drive di laptop'y setelah semua folder "recycle" dihapus baru hapus file2 yang berekstensi shortcut atau ukuran file'y cuma 1 kb klo perlu hapus juga folder "System volume information" biar ini virus ngga balik lagi setelah itu matikan/restart laptop trz keluarkan CD Linux'y baru install program antivirus seperti avira, avast atau avg yang versi gratisan laen'y aja niscaya tu virus kaga bakalan ada lagi :0 (Udah ada yg berhasil 100% loh).

Ada juga yg bilang "Lebih baik menghindari dari pada mengobati". Untuk menghindari cukup pake Antivir tetapi update terbaru. Sedangkan untuk membersihkan di FD tinggal scan dengan Antivir tersebut. Tetapi itu belum cukup. Kita buka Explorer Buka FDnya (tapi ingat jangan klik 2x, melainkan lewat jalur folder kiri) Hapus semua file shorcut yang berbentuk folder atau pun autorun.

Untuk lebih yakin buka dulu hidden dan hidden System di folder option. Lho kenapa folder kita terhidden? sedangkan di folder properties tidak bisa di unhidden Bagaimana? Caranya gampang.

Kira klik start - run - ketik "cmd"enter

kita ketik "F:" (lihat directory FD kita apabila G ketik G: )

lalu ketik attrib -r -s -h /s /d

Selesai.

Sebenarnya ada banyak masukan, tapi aku ambil yg aku paham aja,.hahahaha


Antivirus khusus terbaru untuk virus Shortcut / Ramnit berbagai variant.
Virus terpopuler saat ini yaitu Virus Shortcut atau bahasa ilmiahnya Virus Ramnit, jadi apabila di FD agan-aganwati terdapat banyak folder yang berbentuk shortcut pastilah kompi agan tersengat virus Ramnit. Langsung aja sedot disini.

Tips : Alternatif laen pake PCMAV 5.1 pasti beres dan folder yang terhidden kembali seperti semula.
Kelebihannya, memory proses sedikit, update cuma 5 detik, dapat memperbaiki file system sendiri.


Semoga bermanfaat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: